Tips Berbusana Muslimah Tanpa Hilangkan Syar'i

Ilustrasi (Kawanimut)

akhwatmuslimah.com - Anda selalu tampil dengan busana muslimah dan ingin tetap tampil gaya dengan tetap syar'i dalam berbusana muslim?

Berikut beberapa kunci berbusana muslim yang dapat Anda tiru agar tampil keren meski berjilbab, namun juga tidak mengindahkan nilai-nilai syar'i:

- Miliki senjata andalan

Manset dan kardigan adalah senjata andalan wanita berjilbab. Manset bisa membuat blus atau dress lengan pendek Anda terpakai. Beli manset dengan kualitas baik, dengan begitu manset tidak cepat rusak meskipun Anda memakainya berkali-kali.

Kardigan juga berfungsi sama seperti manset. Hanya saja kardigan bermodel baggy dapat menolong Anda menyembunyikan bentuk tubuh Anda dari busana ketat. Pastikan Anda mempunyai manset dan kardigan berbagai warna sehingga Anda bisa mencocokkannya dengan busana Anda.

- Bermain kerudung

Memakai jilbab ala siswi sekolah adalah gaya paling aman untuk Anda kenakan. Namun, apakah Anda tidak bosan bergaya begitu terus-menerus? Coba gaya jilbab lain seperti gaya turban atau jilbab Turki. Anda pasti akan terkejut dengan hasilnya. Saat ini kerudung Paris sedang jadi favorit, namun Anda juga bisa mengenakan syal atau scarf bermotif sebagai pengganti kerudung Anda untuk sensasi yang berbeda.

- Matching-kan dengan sikap

Aksesori seorang muslimah yang baik adalah tingkah lakunya. Mengenakan busana muslim namun bersikap tidak Islami hanya akan merusak penampilan Anda secara keseluruhan. Tidak peduli seberapa kerennya Anda, orang akan menilai Anda dengan buruk. Jadilah representasi yang baik dari seorang muslim, berpakaian Islami dan bertingkah laku Islami.

- Jangan Ketat dan transparan

Masih banyak orang mengenakan pakaian tertutup namun begitu ketat sehingga lekuk tubuhnya jelas terlihat. Ada juga yang memakai busana berbahan transparan. Inti dari berbusana muslim adalah menutupi tubuh Anda dengan baik. Berpakaian serba tertutup namun ketat jelas bisa menimbulkan kesan seksi. Kalau Anda ingin terlihat seksi saat mengenakan busana muslim, Anda salah kaprah!

- Terlihat kacau

Banyak orang berusaha memaksimalkan busana lamanya agar tetap bisa dipakai saat mereka berjilbab. Hal ini tidak salah, namun seringkali padu padan yang mereka buat jadi terlihat “maksa”. Rok midi Anda jelas tidak bisa dipakai lagi, jadi Anda tidak perlu repot-repot menumpuknya dengan legging ataupun celana, karena Anda akan terlihat kacau ketika melakukannya. Begitu juga dengan gaun midi Anda. Lebih baik Anda memotong dress itu di atas lutut sehingga Anda bisa memperlakukannya sebagai blus. Kecuali dress midi Anda bermodel lurus dan baggy, ya!

- Mengenakan bergo saja

Banyak orang memilih mengenakan bergo saja untuk beraktivitas, namun sebenarnya hal ini adalah kesalahan. Memakai bergo saja membuat Anda terlihat malas. Bahkan, sifat bergo yang ketat melekat, membuat bentuk kepala beberapa orang jadi terlihat buruk. Hakikatnya bergo diciptakan untuk dalaman agar jilbab Anda terlihat rapi. Jadi, Anda tetap harus menumpuknya dengan kerudung atau kain lain.

(Dewi Agustina/Kompas)